Strategi Event Marketing Jalan Sehat Telkomsel 4g Lte Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kualitatif Deskriptif Terhadap Event Marketing Pt Telkomsel Di Kota Pasuruan Dan Mojokerto, Jawa Timur)
Main Author: | Ichsantama, Randy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5001/ |
Daftar Isi:
- Pengadaan event marketing dalam beberapa tahun terakhir semakin marak dikalangan pelaku bisnis. PT Telkomsel adalah salah satu perusahaan yang melakukan event marketing dalam rangka mempromosikan teknologi baru yakni kualitas jaringan telekomunikasi khususnya dalam hal kecepatan data. Pada tahun 2017 ini, Telkomsel menyelanggarakan event Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE diberbagai kota. Dalam penelitian ini event di Kota Pasuruan dan Mojokerto menjadi tempat penelitian, karena di kedua kota tersebut layanan jaringan 4G Telkomsel masih belum merata hanya terpusat di area perkotaan saja. Sedangkan tujuan event yang diselenggakan Telkomsel untuk meningkatkan migrasi kartu 4G dan juga untuk mempertahankan loyalitas pelanggan Telkomsel. Dari anomali tersebut muncul rumusan masalah Bagaimana strategi event marketing Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian komunikasi ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode analisis Data Model Interaktif oleh Miles & Huberman. peneliti melakukan beberapa wawancara mendalam dengan sejumlah narasumber. Data yang berasal dari rekaman wawancara dianalisis dengan mereduksi (penyederhanaan) data melalui serangkaian proses menajamkan analisis, menggolongkan atau pengkategorisasian dalam bentuk coding sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi event marketing PT Telkomsel dapat meningkatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Pelaksanaan event Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE yang diselenggarakan di kotakota yang masih belum memiliki jumlah pelanggan yang tinggi. Telkomsel berani untuk melakukan strategi penetrasi pasar dan produk di wilayah yang telah dikuasai oleh kompetitor melalui event marketing. Melalui event tersebut Telkomsel juga dapat secara langsung berkomunikasi dengan pelanggan sehingga dapat secara langsung mengetahui keluhan serta keinginan para pelanggan untuk peningkatan produk dan pelayanan yang selanjutnya dan melalui pendekatan tersebut Telkomsel dapat terus mempertahankan loyalitas pelanggan