Audience Framing Segmen Berita Kekinian dalam Program Siat Pagi di Radio 101.3 MFM Malang tentang Fenomena Berita Perkembangan Tata Ruang Publik Kota Malang
Main Author: | Meilindasari, Trifena |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4995/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengambil masalah bagaimana audience atau masyarakat dapat memahami isu tetang Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Malang pada Program Sikat Pagi dalam segmen Berita Kekinian di radio 101.3 MFM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa pandangan masyarakat terhadap berita ynag disampaikan oleh penyiar Sikat Pagi di radio 101.3 MFM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyajian naskah atau text berita yang telah dibingkai antara membela pemerintah atau membela masyarakat dan dengan cara interview. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa media dalam hal ini adalah penyiar Sikat Pagi mempunyai kuasa untuk membentuk atau membingkai suatu berita. Audience atau pendengar tidak memiliki kuasa untuk membentuk berita tersebut. Namun, audience memiliki hak untuk memaknai berita tersebut yang disebut dengan audience framing. Pemaknaan audience dapat terbentuk dengan cara penyiar menyampaikan berita tersebut sehingga nyaman untuk didengarkan. Latar belakang dari audience pun juga memengaruhi pemaknaan yang akan dibentuk oleh audience.