Pengaruh Pembelajaran Nilai-Nilai Empati Melalui Media Audiovisual Terhadap Empati pada Bystander Bullying di Sekolah Dasar Inklusi Malang

Main Author: Nisa, Ella Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4927/
Daftar Isi:
  • Bullying merupakan bentuk utama dari kekerasan di sekolah yang mengancam perkembangan dan pembelajaran anak. Terdapat 3 peran pada setiap kejadian bullying, yaitu pelaku, korban dan penonton. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa peer bystander berkontribusi sebesar 85% dari kasus bullying, namun dari 85% penonton tersebut hanya 10% dari mereka yang mengambil tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran nilai-nilai empati melalui media audiovisual terhadap empati pada bystander bullying. Penelitian ini menggunakan desain One-group pretest-posttest eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa dari SDN Sumbersari 1 Malang yang terdiri dari kelas 3, 4, dan 5. Analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh nilai t sebesar -2,756, sedangkan nilai signifikannya sebesar 0,009 (p< 0,05). Hasil tersebut menunjukkan ada peningkatan empati setelah diberikan pembelajaran melalui tayangan video, sehingga dapat dikatakan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) penelitian diterima yang artinya pembelajaran nilai-nilai empati melalui media audiovisual berpengaruh terhadap empati bystander bullying di sekolah dasar inklusi Malang.