Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Kasus pada Bisnis Online Melalui Media Sosial Instagram CV. Kajeye Food Malang-Jawa Timur)
Main Author: | Weni, Fitri Prahesti Anjar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4918/ |
Daftar Isi:
- Instagram sebagai salah satu media sosial yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan instagram memiliki berbagai fitur-fitur yang unik dan banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sebagai media komunikasi pemasaran. Selain itu juga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk secara langsung melihat produk-produk apa sajakah yang di tawarkan hanya dengan cara melihat foto-foto yang telah diunggah di instagram. Dari sinilah terlihat bahwa instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat strategis bagi para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Demikian halnya dengan CV. Kajeye Food yang bergerak sebagai agroindustri olahan makanan khususnya keripik dan manisan buah merk SoKressh. Selain offline, CV. Kajeye Food juga menggunakan strategi komunikasi pemasaran secara online dengan memanfaatkan instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan, penerapan instagram sebagai media komunikasi pemasaran dan mengidentifikasi hambatan yang terjadi dalam komunikasi pemasaran di CV. Kajeye Food. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, dimana didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan 2 teknik penentuan informan yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data sekunder dengan cara dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data pada penelitian kualitatif ini dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian antara lain strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Kajeye Food adalah dengan merencanakan strategi melalui 4 komponen pemasaran (4P) yaitu produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Dari keempat komponen pemasaran tersebut, peneliti dapat mengetahui hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti selama melakukan penelitian yang paling berhasil adalah komponen promosi (promotion) baik secara offline melalui kegiatan pameran maupun secara online melalui website, facebook dan instagram. Alasan mengapa CV. Kajeye Food menggunakan media sosial instagram adalah beberapa fitur yang tersedia dalam instagram memberikan keunikan pada aplikasi ini, kemudahan dalam mengakses dan jangkauan yang cukup luas. Hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi pada CV. Kajeye Food adalah ketersediaan pasokan buah yang musiman membuat proses produksi dan pemasarannya terhambat dan pemanfaatan media promosi online khususnya media sosial instagram yang belum optimal.