Analisis Pengaruh Ikatan Pelanggan (Customer Bonding) Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Organik Di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang
Main Author: | Ningrum, Wida Ayu Pramesti Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4912/ |
Daftar Isi:
- Pasar terbatas menjadi salah satu kendala penjualan produk organik, dikarenakan munculnya pelaku organik baru berpotensi menimbulkan persaingan antar pelaku organik yang satu dengan yang lain. Selain itu, harga produk organik yang mahal juga menjadi kendala terhadap pemasaran produk organik. Kondisi tersebut menuntut pelaku organik berupaya keras mempertahankan pelanggannya agar tetap membeli produk organik. Tujuan pelaku organik mempertahankan pelanggan semata untuk mendapatkan pendapatan yang lebih, mengingat besarnya biaya sertifikasi produk organik yang dilakukan setiap tiga tahun sekali. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut melalui pengikatan atau bonding kepada pelanggan menggunakan strategi customer bonding. Vigur Organik menjadi salah satu pelaku usaha organik yang dihadapkan dengan tantangan pasar yang terbatas dan mahalnya biaya sertifikasi organik. Upaya untuk menghadapi tantangan tersebut dilakukan melalui penerapan strategi customer bonding untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan. Strategi customer bonding dilakukan oleh Vigur Organik akibat menurunnya jumlah pelanggan, ketidakpastian kuantitas pembelian pelanggan, dan mulai banyaknya pesaing yang berada di wilayah dalam dan luar Kota Malang. Implementasi strategi tersebut dilakukan melalui awareness bonding, identifying bonding, relationship bonding, community bonding, dan advocacy bonding. Berdasarkan upaya yang telah dilakukan Vigur Organik, mendorong peneliti melakukan penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Ikatan Pelanggan (Customer Bonding) terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Organik di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk menganalisis pengaruh ikatan pelanggan (customer bonding) terhadap loyalitas pelanggan produk organik di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang (2) untuk menganalisis ikatan dominan yang berpengaruh nyata terhadap loyalitas pelanggan produk organik di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik yang berlokasi di Perumahan Villa Gunung Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Lokasi tersebut ditentukan secara purposive atas dasar bahwa Vigur Organik menjadi salah satu kelompok wanita tani aktif yang berprestasi di Kota Malang dan telah melakukan upaya mengikat pelanggan. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan produk organik Vi-O yang telah terdata sebagai pelanggan tetap berjumlah 53 orang, sehingga penentuan responden menggunakan metode sensus. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pelanggan produk organik. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan alat analisis statistika yakni regresi linear berganda. Selanjutnya gambaran umum tempat penelitian, hasil karakteristik responden, dan hasil analisis dijelaskan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan atau secara bersama-sama variabel bebas ikatan pelanggan (customer bonding) yang terdiri dari awareness bonding, identifying bonding, relationship bonding, community bonding, advocacy bonding berpengaruh secara nyata dan signifikan terhadap variabel terikatnya yakni loyalitas pelanggan. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai Fhitung > Ftabel (13.734>2.412) dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Selanjutnya secara parsial ikatan pelanggan yang berpengaruh nyata dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan adalah awareness bonding dan advocacy bonding yang ditunjukkan dari nilai t hitung > t tabel . Variabel awareness bonding mempunyai nilai thitung sebesar 2.030 lebih besar dari ttabel 2.011 dan variabel advocacy bonding mempunyai nilai thitung sebesar 3.355 lebih besar dari ttabel 2.011 dengan taraf signifikansi kurang dari 0,05. Ikatan pelanggan yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan produk organik adalah advocacy bonding yang mempunyai nilai koefisien beta terbesar 0,524. Nilai R-square yang didapat dalam penelitian ini sebesar 59,4% yang berarti bahwa sebesar 59,4% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh strategi customer bonding dan sisanya 40,6 % dipengaruhi oleh faktor lain.