Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Strudel Pada Ukm Pai Apel Malang

Main Author: Silitonga, Frisca Juliana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4904/
Daftar Isi:
  • UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kota Malang mulai melakukan berbagai inovasi produk oleh-oleh. Adanya berbagai produk oleh-oleh baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis memberikan banyak pilihan kepada konsumen. Akan tetapi, kehadiran berbagai produk oleh-oleh di Kota Malang terutama produk baru akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Salah satu UKM di Kota Malang yang menghadapi persaingan tersebut adalah UKM Pai Apel Malang yaitu Strudel. Strudel merupakan produk oleh-oleh yang baru dan diproduksi oleh beberapa UKM di Kota Malang. Hal tersebut mendorong UKM Pai Apel Malang untuk melakukan evaluasi terhadap Strudel UKM Pai Apel Malang sehingga produk tersebut dapat berkembang dan mampu bersaing dengan produk oleh-oleh lain. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk Strudel UKM Pai Apel Malang, (2) Mengetahui variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian produk Strudel UKM Pai Apel Malang. Penelitian ini membahas tentang pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian Strudel UKM Pai Apel Malang yang dianalisis menggunakan uji validitas dan realibilitas serta analisis regresi logistik. Analisis regresi logistik yang dilakukan menggunakan variabel dependent (Y) yaitu keputusan pembelian yang digunakan dengan dummy. Variabel independent yakni mencakup produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7). Penelitian ini dilakukan di UKM Pai Apel Malang dengan metode penentuan populasi yaitu simple random sampling dan sampel sebanyak 44 responden yang diteliti. Jumlah seluruh responden tersebut sudah cukup untuk mewakili gambaran perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian Strudel UKM Pai Apel Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat empat variabel bauran pemasaran yang memiliki pengaruh yang signifikan dengan tingkat kepercayaan 90%. Hasil dari uji wald dapat disimpulkan bahwa variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai signifikan < 0,10 adalah variabel pendapatan (0,069), variabel harga (0,072 ), variabel tempat (0,012), dan variabel proses (0,020). Berdasarkan nilai odds ratio maka dapat disimpulkan adanya peningkatan pendapatan berpeluang meningkatkan keputusan pembelian sebesar 1,000 kali. Adanya penurunan harga berpeluang meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,127 kali. Adanya perbaikan tempat dan perluasan distribusi berpeluang meningkatkan keputusan pembelian sebesar 7,296 kali. Adanya peningkatan dan perbaikan proses berpeluang meningkatkan keputusan pembelian sebesar 15,665 kali. Variabel bauran pemasaran yang paling mempengaruhi keputusan pembelian Strudel UKM Pai Apel Malang adalah variabel proses dengan nilai odds ratio sebesar 15,665.