“Konsumerisme dalam Komunitas Hijab Kontemporer (Studi Kualitatif pada Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Komunitas Hijabers Malang”
Main Author: | Chandra., Yollanda Desiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4882/ |
Daftar Isi:
- Cara hidup masyarakat pada saat ini telah mengalami perubahan, menuju budaya konsumsi dan perilaku kehidupan yang konsumtif. Masyarakat konsumeris merupakan masyarakat yang menciptakan nilai-nilai yang berlimpah melalui barang-barang konsumeris serta menjadikan konsumsi sebagai pusat aktivitas kehidupan. Dalam konteks budaya konsumerisme selain dipengaruhi oleh perilaku konsumtif, individu juga dipengaruhi oleh lingkungan serta gaya hidup. Pada dasarnya, uraian yang peneliti jelaskan memperlihatkan bahwa konsumsi tidak hanya merupakan tindakan yang wajar yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan seseorang atau kelompok akan tetapi lebih dari itu, konsumsi digunakan juga sebagai alat komunikasi kepada orang lain untuk menunjukkan siapa dirinya, posisi social maupun gaya hidupnya. Hubungan yang tampak erat antara hijab dengan dunia fashion serta gaya hidup berlebih yang ditampilkan oleh komunitas Hijabers pusat yang mana komunitas ini dikenal dengan style fashion terkini serta tidak akan tertinggal dalam mengkonsumsi apa saja yang dapat menunjang penampilan mereka, menjadikan peneliti tertarik ingin meneliti fenomena sosiokultural dalam Komunitas Hijabers Malang dimana komunitas ini merupakan cabang dari Komunitas Hijabers Pusat (Jakarta) yang menampilkan fenomena wanita Indonesia berdomisili di Malang yang menggunakan hijab modis dengan sekaligus menjadi trend setter bagi muslimah di Malang. Muslimah dalam Komunitas ini menjadikan hijab sebagai gaya hidup sosial mereka, tentunya dengan menyebarluaskan trend busana muslim hijab. Selain itu, alasan lain memilih hijabers community Malang adalah karena peneliti ingin melihat bagaimana perilaku konsumtif dan gaya hidup anggota komunitas Hijabers Malang mengingat perbedaan dari segi demografis dan pertumbuhan ekonomi antara Jakarta dengan Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perilaku konsumtif dan gaya hidup yang ditampilkan oleh Komunitas Hijabers Malang. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa wanita yang tergabung dalam Hijabers Community Malang dapat dikatakan sebagai bagian dari masyarakat konsumsi, karena apa yang dikonsumsi oleh mereka merupakan suatu jenis komoditas barang atau jasa yang tidak hanya berdasarkan kegunaannya saja, tetapi juga mengkonsumsi nilai guna yang menunjukkan eksistensi.