Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Minuman Teh Kemasan (Studi pada Merek “3M” PRT Tiga Merpati Surabaya)
Main Author: | Marsheila, Arintya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4869/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan industri yang bergerak di produksi minuman semakin pesat di era modern ini. Salah satu segmen yang menjanjikan ialah minuman kemasan. Minuman kemasan yang menjanjikan dikalangan saat ini adalah minuman teh kemasan. Hal ini berjalan karena kebiasaan masyarakat Indonesia mengkonsumsi teh. Penjualan teh kemasan menjadi tren pada berbagai kalangan saat ini karena banyaknya inovasi-inovasi dalam penjualan teh kemasan. Berhasil tidaknya dalam mencapai tujuan bisnis tergantung pada keahlian pengusaha dibidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu juga tergantung pada kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan antara produk, keuangan dan pemasaran agar dapat berjalan dengan lancar. Salah satu minuman kemasan yang berada di Kota Surabaya adalah minuman 3M (Three M). Minuman kemasan ini merupakan minuman kemasan yang diproduksi oleh Home Industri Tiga Merpati. Beberapa tahun belakangan Home Industri ini mengalami penurunan volume penjualan sehingga mau tidak mau beberapa outlet yang dimliki harus ditutup. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) menganalisa tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif perusahaan berdasarkan posisi bersaing. (2). Menganalisa antara produk perusahaan dengan produk pesaing dengan melakukan benchmarking 7P (Produk, Price, Place, Promotion, People, Physical evidance dan Process). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matrix BCG dan Benchmarking. Matriks BCG digunakan untuk menghitung pangsa pasar relatif dan pertumbuhan pasar sedangkan benchmarking digunakan untuk membandingkan produk teh 3M dengan produk pesaing. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil pangsa pasar relatif sebesar 0,31 dan pertumbuhan pasar 10,2%. Dari hasil tersebut pada matriks BCG perusahaan teh 3M terdapat pada Kuadran Question Mark yaitu pangsa pasar relatif rendah dan pertumbuhan pasar yang tinggi. Sedangkan untuk hasil Benchmarking menunjukan variabel promosi dan people yang dimiliki oleh teh 3M lebih unggul dibanding pesaing.