Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Kartu Bpjs Kesehatan Di Poli Jiwa Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu
Main Author: | Vecolitha, Olivia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4868/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna kartu BPJS Kesehatan di Poli Jiwa Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien pengguna kartu BPJS Kesehatan di Poli Jiwa Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu. Subjek penelitian sebanyak 95 pasien Poli Jiwa dengan rincian 37 pasien laki-laki dan 58 pasien perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convenience sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien regresi variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna kartu BPJS Kesehatan adalah sebesar 0,512 dengan prosentase peran variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 26,2%. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan ikut berperan dalam memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna kartu BPJS Kesehatan.