Pengaruh Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Dasar (Sd) Inklusi Di Kota Malang
Main Author: | Juwita, Sarah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4792/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa sekolah dasar inklusi di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest desain dengan memberikan sosiodrama kepada partisipan penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala empati Bryant (1982). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 17 siswa. Partisipan yaitu siswa kelas 4 dan 5 SDN Sumbersari 2 yang merupakan siswa normal yang berada dalam satu kelas dengan siswa berkebutuhan khusus. Hasil uji beda Wilcoxon diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05) dengan mean pretest lebih rendah dari posttest (23,18 < 26,41). Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa sekolah dasar inklusi.