Analisis Persepsi Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Terhadap Pemilihan Telepon Seluler Berbasis Android Dengan Multidimensional Scaling

Main Author: Sepsaria, Irfa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4766/
Daftar Isi:
  • Kehadiran telepon seluler pintar telah menjadi sebuah fenomena baru di tengah masyarakat Indonesia. Analisis Multidimensional Scaling berbasis komposisi digunakan untuk merepresentasikan kemiripan karakteristik antar merek ponsel Android berdasarkan peubah-peubah yang terkait. Penelitian dilakukan terhadap sepuluh merek ponsel Android dengan enam peubah yaitu harga, kualitas, bentuk dan model, fitur, garansi, dan citra merek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Universitas Brawijaya. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 398 orang yang sedang menjadi pengguna aktif ponsel berbasis Android. Analisis Multidimensional scaling dilakukan menggunakan bantuan software SPSS 22.0. Penerapan analisis Multidimensional Scaling pada data persepsi terhadap sepuluh merek ponsel Android menghasilkan dua dimensi pokok yang mendasari pengambilan keputusan konsumen memilih merek ponsel Android yaitu dimensi kualitas produk dan dimensi fisik produk. Berdasarkan peta persepsi, terbentuk enam kelompok produk yang dinilai saling mirip. Kelompok merek Samsung, Xiaomi dan OPPO dinilai berkualitas paling baik, sedangkan fisik paling menarik dimiliki kelompok Lenovo dan ZTE.