Gambaran Self-Efficacy Dalam Akademik Pada Mahasiswi S1 Yang Sudah Menikah Dan Memiliki Anak
Main Author: | Fadillah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4762/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran self-efficacy dalam akademik pada mahasiswi S1 yang sudah menikah dan memiliki anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini menggunakan empat orang mahasiswi S1 yang sudah menikah dan memiliki anak. Teknik pengumpulan data menggunakan indepth interview dan observasi anecdotal record. Teknik analisis data menggunakan interaksionis milik Miles and Hubberman. Reliabilitas dan validitas menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Self-efficacy dalam akademik pada mahasiswi S1 yang sudah menikah dan memiliki anak diperoleh melalui salah satu atau kombinasi empat sumber yaitu, mastery experience, vicarious experience, social persuasion, dan keadaan emosi. Kategori self-efficacy dalam akademik yang dimiliki mahasiswi S1 yang sudah menikah dan memiliki anak dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu level, strength dan generality. Hasil penelitian menunjukkan dua subyek memiliki self-efficacy dalam akademik yang rendah dan dua subyek memiliki self-efficacy dalam akademik yang tinggi dilihat dari klasifikasi self-efficacynya. Subyek yang memiliki self-efficacy yang rendah memiliki nilai indeks prestasi rendah, alasan pernikahan (hamil diluar pernikahan), kehadiran anak, merasa salah mengambil jurusan kuliah, kurang bertanggung jawab dengan tugas akademik dan merasa tidak yakin dapat menyelesaikan tugas karena kehadiran anak, sedangkan subyek dengan self-efficacy yang tinggi memiliki nilai indeks prestasi tinggi, adanya motivasi dari lingkungan sekitar (teman dan keluarga), bertanggung jawab penuh dengan tugas akademik dan merasa yakin dapat mengerjakan tugas karena mampu membagi masalah anak dan keinginan mendapat IP tinggi