Daftar Isi:
  • Latar belakang semakin tinggi struktur ekonomi dan permintaan konsumen, maka persaingan juga semakin kompetitif. Prospek bisnis yang berkembang pesat saat ini salah satunya adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini juga sangat banyak di Kota Malang. Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur yang memiliki banyak kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Padatnya aktivitas merupakan salah satu pendorong yang menyebabkan konsumen di Kota Malang tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan, sehingga cenderung membeli makanan dari Rumah Makan. Hal tersebut dijadikan sebagai peluang bagi pelaku bisnis kuliner, sehingga harus memiliki keunggulan kompetitif. Salah satu cara yang tepat adalah menciptakan pengalaman yang berkesan positif bagi konsumen. Penciptaan pengalaman yang mampu menyentuh perasaan dan emosi konsumen mengakibatkan konsumen merasa senang, sehingga akan tercipta kepuasan dan akan memiliki dampak positif pada loyalitas. Tujuan penelitian ini antara lain menganalisis dan menjelaskan pengaruh Sense (Panca Indera), Feel (Perasaan), Think (Pikiran), Act (Tindakan) dan Relate (Hubungan) yang merupakan variabel-variabel dari Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan, selain itu juga menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hipotesis pada penelitian ini antara lain variabel-variabel dari Experiential Marketing yang meliputi Sense (Panca Indera), Feel (Perasaan), Think (Pikiran), Act (Tindakan) dan Relate (Hubungan) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode penelitian ini dengan dilakukan pendistribusian kuesioner terhadap 100 orang responden pelanggan Rumah Makan Inggil, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini adalah kesemua variabel-variabel dari Experiential Marketing yang meliputi Sense (Panca Indera), Feel (Perasaan), Think (Pikiran), Act (Tindakan) dan Relate (Hubungan) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini dikarenakan, setelah dilakukan uji analisis jalur diperoleh nilai signifikansi < 0,05