Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kuantitatif Pada Forum Diskusi Female Daily Dengan Pendekatan Elaboration Likelihood Model)

Main Author: RYANNISA, SEPTIA
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4736/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model untuk mengetahui melalui rute mana konsumen mengolah sebuah informasi sehingga membuat suatu keputusan pembelian. Variabel X dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth dengan relevance, timeliness, accuracy, comprehensiveness, format, reliability, understandability sebagai rute sentral. Serta source expertise, source trustworthiness, dan information quantity sebagai rute periferal. Kemudian peneliti menggunakan keputusan pembelian sebagai variabel Y. Dalam konteks computer mediated communication (CMC), seseorang akan terpengaruh dengan kualitas informasi sebagai rute sentral dan kuantitas informasi sebagai rute periferal sehingga kesepuluh dimensi tersebut merupakan variabel dari eWOM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh eWOM melalui rute sentral dan periferal pada forum diskusi Female Daily terhadap keputusan pembelian dengan kajian Elaboration Likelihood Model. Jenis dari penelitian ini adalah eksplanatif dengan menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik analisis data regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuisioner dan menggunakan Teknik sampling simple random sampling dalam menentukan responden. Penelitian ini juga menggunakan uji F untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh secara individu. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh eWOM terhadap keputusan pembelian atau H1 secara umum diterima. Variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada forum diskusi Female Daily adalah variabel timeliness. Variabel timeliness merupakan variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena permintaan akan kosmetik semakin meningkat maka konsumen akan mebutuhkan informasi yang up-to-date untuk membuat suatu keputusan pembelian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini rute sentral mendominasi keputusan pembelian daripada rute periferal karena konsumen forum diskusi Female Daily menggunakan elaborasi tinggi dalam mempengaruhi keputusan pembelian.