Peran Suporter dalam Membangun Brand Reputation Klub Sepakbola (Studi pada Aremania di Wilayah Malang Raya)
Main Author: | Kristian A.N, Hans |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4669/ |
Daftar Isi:
- Arema adalah salah satu klub sepak bola yang berasal dari Malang dan berprestasi dalam sepak bola di Indonesia. Mereka memiliki suporter yang setia, yaitu Aremania. Eksistensi Arema tidak lepas dari peran Aremania. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana peran Aremania dalam membangun brand reputation Arema. Pada pra-penelitian, peneliti menemukan bahwa masyarakat Malang mengetahui Arema dan merasa terwakili oleh klub ini walaupun mereka tidak terlalu mengetahui pemain Arema dan tidak mempunyai pemain yang diidolakan dalam klub Arema. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selain mendukung Arema saat bertanding, Aremania juga mempunyai kegiatan di luar lapangan yang biasanya dilakukan korwil dan bertujuan untuk mengakrabkan Aremania atau kegiatan lain yang bersifat sosial. Aremania ingin membangun brand reputation Arema yang baik. Mereka juga ingin membangun opini bahwa Arema adalah klub yang keras dan lugas namun tetap sportif, cerdas, dan loyal. Kesimpulan yang dihasilkan melalui penelitian ini adalah bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Aremania menunjukkan identitas dan citra Arema sehingga membangun opini masyarakat terhadap Arema serta dapat membangun brand reputation Arema, terutama dari aspek sosial, bisnis, dan keamanan. Proses yang dilakukan oleh Aremania itu disebut sebagai brand communication. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Aremania berperan dalam membangun brand reputation Arema.