Penerapan Fuzzy Teori Permainan Dalam Menentukan Strategi Optimal Provider (Studi Kasus Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam)
Main Author: | Akbar, Ilham Karunia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4658/ |
Daftar Isi:
- Pada era globalisasi, persaingan antar provider yang semakin ketat memicu mereka untuk bersaing dalam menarik perhatian konsumen dengan menerapkan strategi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi optimal dari tiap provider. Provider tersebut adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Three. Strategi optimal diperoleh berdasarkan atribut-atribut kepentingan konsumen dengan melalui hasil survei. Untuk mengubah atribut kepentingan dan kepuasan yang bersifat samar atau tidak jelas menjadi suatu angka crisp dilakukan proses fuzzifikasi dan defuzzifikasi. Nilai yang diperoleh dari proses defuzzifikasi digunakan untuk membentuk matriks permainan. Diperlukan nilai permainan dari matriks permainan dalam menentukan pemenang. Telkomsel lebih unggul daripada provider lain pada atribut kecepatan paket data yang mempunyai nilai sebesar 16,755. Three dapat bersaing dengan provider lain menggunakan atribut harga paket data perdana dan harga paket data reguler yang termurah dengan nilai sebesar 18,53 dan -25,507.