The Implementation Of “Our World” Software Program In Teaching English For The Fourth Grade Students Of Sd Bina Budi Mulia Malang

Main Author: Chorida, Lasminiati Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4403/
Daftar Isi:
  • Pengajaran bahasa Inggris kepada peserta didik usia dini berbeda dengan pengajaran bahasa Inggris kepada orang dewasa berbeda karena para guru seharusnya dapat menciptakan suasana terbaik di kelas dan memilih media terbaik untuk membuat siswa memahami materi dengan mudah. Scott dan Ytreberg (1990) menyatakan bahwa salah satu karakteristik peserta didik usia dini adalah mereka suka untuk bermain dan belajar paling baik saat mereka menikmati aktivitas. Karena itu, salah satu media yang tepat untuk diberikan kepada peserta didik usia dini adalah program perangkat lunak Our World. Peneliti menemukan bahwa salah satu guru di SD Bina Budi Mulia Malang menggunakan program perangkat lunak Our World sebagai media pengajaran. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang implementasi program perangkat lunak Our World oleh guru didalam mengajar bahasa Inggris dan masalah yang dihadapi oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peserta penelitian ini adalah 8 siswa kelas IV dan guru bahasa Inggris di SD Bina Budi Mulia Malang. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi kelas dan mewawancarai guru. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti diusulkan oleh Miles dan Huberman (1994). Setelah peneliti memperoleh data, peneliti mulai memilih data penting yang relevan dengan permasalahan penelitian. Setelah mengurangi data, langkah selanjutnya adalah menampilkan data. Kemudian, peneliti sampai pada langkah terakhir yaitu menggambar kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana guru menggunakan program perangkat lunak Our World sebagai media pembelajaran didalam mengajar bahasa Inggris dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru adalah adaptasi ketika guru menggunakan program perangkat lunak Our World untuk pertama kali dan guru sulit untuk mengembalikan fokus siswa terhadap materi pembelajaran setelah guru memutar video, lagu, ataupun permainan. Dari temuan tersebut, terlihat bahwa prestasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan program perangkat lunak Our World sangat baik karena siswa memahami materi dengan mudah. Kesimpulannya, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan program perangkat lunak Our World dalam pengajaran bahasa Inggris itu baik, karena program perangkat lunak Our World telah membuat guru mengajar bahasa Inggris dengan mudah sejak adanya beberapa video dan aktivitas didalamnya. Penelitian ini juga bisa menjadi rujukan untuk peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian dengan topik yang sama.