Penerapan Layanan Perpustakaan Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 7495:2009 Dalam Perspektif Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)
Main Author: | Azhar, Zulfa Lutffia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4355/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan kepada masyarakat sudah menjadi hal yang sangat penting bagi suatu organisasi atau instansi daerah. Perpustakaan sebagai ruang publik dituntut pula untuk menyelenggarakan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang memenuhi standar. Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang adalah salah satu yang menerapkan pelayanan berdasarkan standar nasional perpustakaan yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI) 7495:2009. SNI 7495:2009 merupakan standar nasional di Indonesia yang dipakai untuk perpustakaan umum kabupaten/kota. Namun dalam praktiknya, pelayanan pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsisp Daerah Kota Malang masih mendapat banyak keluhan dari pemustaka. Untuk itu perlu dikaji lebih lanjut mengenai pelayanan yang ada pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa bagaimana penerapan pelayanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Apakah pelayanan di perpustakaan sudah memenuhi standar baik dari standar pelayanan publik maupun dari SNI 7495:2009. Standar tersebut terkait dengan prosedur pelayanan, biaya pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan, dan kompetensi sumber daya manusianya. Serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat yang menyebabkan tidak tercapainya pelayanan secara maksimal yang sesuai standar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa sudah memenuhi standar seperti sudah menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan mudah dipahami, waktu penyelesaian pelayanan yang cepat dan efisien. Tetapi ada beberapa hal yang belum memenuhi standar antara lain masih ada biaya yang harus dikeluarkan pemustaka, koleksi kurang terbaharui dan tidak lengkap, sarana dan prasarana yang kurang memenuhi kebutuhan pemustaka, serta sumber daya manusia (SDM) yang kurang memahami tugas dan jumlah SDM tidak ideal sesuai SNI 7495:2009.