Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Sari Buah Merek Dewata Di Kota Batu

Main Author: Nisa, Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4262/
ctrlnum 4262
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/4262/</relation><title>Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Sari Buah Merek Dewata Di Kota Batu</title><creator>Nisa, Khoirun</creator><subject>658.827 Use of brands and trademarks</subject><description>Merek yang kuat ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, asosiasi merek yang tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan kesetiaan konsumen terhadap merek tinggi. Semakin kuat ekuitas merek suatu produk, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel-variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman sari buah merek dewata, dan menganalisis variabel ekuitas merek yang berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman sari buah merek dewata. Lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Kota Batu, Jawa Timur. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2017. Penentuan sampel dilakukan menggunakan non-probability sampling dengan metode accidental sampling dimana jumlah sampel sebanyak 93 responden. Analisis data yang dilakukan pada penelitian yaitu menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independent yang terdiri dari variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen. Selain itu, variabel yang secara dominan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian konsumen adalah variabel loyalitas merek. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung yang besar dibanding variabel lain dan didukung hasil wawancara di lapang rata-rata pembelian berulang konsumen yaitu lebih dari 5 kali pembelian.</description><date>2017-07-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Nisa, Khoirun (2017) Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Sari Buah Merek Dewata Di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2017/273/051706063</relation><recordID>4262</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Nisa, Khoirun
title Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Sari Buah Merek Dewata Di Kota Batu
publishDate 2017
topic 658.827 Use of brands and trademarks
url http://repository.ub.ac.id/4262/
contents Merek yang kuat ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, asosiasi merek yang tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan kesetiaan konsumen terhadap merek tinggi. Semakin kuat ekuitas merek suatu produk, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel-variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman sari buah merek dewata, dan menganalisis variabel ekuitas merek yang berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman sari buah merek dewata. Lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Kota Batu, Jawa Timur. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2017. Penentuan sampel dilakukan menggunakan non-probability sampling dengan metode accidental sampling dimana jumlah sampel sebanyak 93 responden. Analisis data yang dilakukan pada penelitian yaitu menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independent yang terdiri dari variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen. Selain itu, variabel yang secara dominan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian konsumen adalah variabel loyalitas merek. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung yang besar dibanding variabel lain dan didukung hasil wawancara di lapang rata-rata pembelian berulang konsumen yaitu lebih dari 5 kali pembelian.
id IOS4666.4262
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:31:56Z
last_indexed 2021-10-18T02:09:47Z
recordtype dc
_version_ 1730142817842364416
score 17.538404