Pengaruh Strategi Harga dan Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Brand Loyalty Air Minum Dalam Kemasan (“Merek “Cleo”) di Kota Malang
Main Author: | SAMOSIR., SILVIA SARY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4259/1/SAMOSIR.%2C%20SILVIA%20SARY.pdf http://repository.ub.ac.id/4259/ |
Daftar Isi:
- Meningkatnya industri Air minuman dalam kemasan disebabkan karena kebutuhan akan minuman praktis dan siap dikonsumsi telah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Salah satu industri yang memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yaitu Tanobel atau identitas perusahaan PT. Sariguna Primatirta yang memproduksi AMDK merek “Cleo”. Agar tetap dapat bersaing di pasaran, merek “Cleo” membutuhkan strategi dalam pemasarannya. Adapun strategi yang digunakan pada penelitian seperti strategi harga dan produk. Strategi harga dan produk memiliki kelebihan dibandingkan dengan strategi lainnya. Dengan diterapkannya strategi harga dan produk pada AMDK merek “Cleo” dapat mempertahankan keputusan pembelian dan brand loyalty konsumen dengan cara mem-breakdown variabel-variabel yang bepengaruh. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh strategi harga dan produk terhadap keputusan pembelian dan brand loyalty serta mengetahui indikator apa yang paling berpengaruh pada AMDK merek “Cleo”. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan rentang usia 17-60 tahun yang pernah mengkonsumsi AMDK merek “Cleo” minimal 5 kali dalam setahun terakhir di Kota Malang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu Partial Least Square (PLS). Partial Least Square (PLS) merupakan teknik analisis yang digunakan untuk memproyeksikan hubungan linier antar variabel-variabel pengamatan. Melalui metode PLS akan terbentuk model dari variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian dan brand loyalty pada konsumen. PLS mampu memilih faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan brand loyalty Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian yaitu strategi harga. Variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap brand loyalty yaitu keputusan pembelian. Keputusan pembelian menjadi mediator pada hubungan strategi harga dengan brand loyalty dan strategi produk dengan brand loyalty. Variabel strategi produk memiliki hubungan negatif terhadap brand loyalty artinya semakin tinggi atau baik strategi produk maka brand loyalty akan mengalami penurunan. Sedangkan variabel strategi harga dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang positif terhadap brand loyalty. Indikator yang berpengaruh pada variabel strategi harga yaitu kualitas produk, indikator yang berpengaruh pada strategi produk yaitu kualitas produk, indikator yang berpengaruh pada keputusan pembelian yaitu kebutuhan dan keinginan akan suatu produk, dan indikator yang berpengaruh pada brand loyalty yaitu recommend friends.