Analisis Relationship Marketing Dalam Supply Chain Management Antara CV Kurnia Kitri Ayu Farm Dengan Pemasok Dan Pelanggannya

Main Author: Panjaitan, Rahellia Rona Uli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4219/
Daftar Isi:
  • Salah satu usaha yang bergerak dalam budidaya sayur organik adalah CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Beberapa usaha yang sejenis juga tersebar di Jawa Timur meliputi daerah Batu, Suarabaya, Pasuruan dan di Malang yaitu Vigur Organik yang dulunya adalah mitra CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Semakin meningkatnya usaha sejenis yang bergerak di bidang yang sama dengan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm maka perusahaan harus dapat memiliki strategi keunggulan bersaing. Sebagai upaya dalam meningkatkan daya saing dapat dilakukan dengan strategi keunggulan bersaing yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu supply chain management. Hubungan pemasaran yang terjadi antara suatu perusahaan dengan pemasok dan pelanggannya akan mempengaruhi penerapan supply chain management. Semakin erat hubungan yang terjalin antara CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dengan pemasok maupun pelanggan maka penerapan supply chain management akan semakin baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis hubungan relationship marketing antara CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dengan pemasok dan pelanggannya. Menganalisis penerapan supply chain management yang dilakukan oleh CV Kirnia Kitri Ayu Farm. Penelitian dilakukan pada bulan maret-april 2017. Responden dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelompok responden yaitu CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, petani mitra yaitu petani sayur organik, dan pelanggan sayur organik. Petani mitra sebagai pemasok terdiri dari 4 pemasok utama dan 7 pelanggan utama. Pemasok utama terbagi atas pemasok lama dan baru berdasarkan lama kerjasama dan jumlah produk yang dipasok. Pelanggan juga terbagi atas dua bagian berdasarkan lama kerjasama dan jumlah produk yang diminta. Sumber data yang diperoleh untuk penelitian ini adalah terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari tiga kelompok data yang didpat langsung dari sumbernya yaitu perusahaan, pemasok dan pelanggan. Metode analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, dalam penelitian ini data yang diperoleh diberi dengan kuisioner tertutup yang telah diberi skor yang tersebut nantinya akan dihitung secara statistik dengan Micrisoft Excel 2016. CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dalam hubungannya dengan pelanggan dan pemasok telah mulai melaksanakan prinsip-prinsip dasar supply chain management berdasarkan enam prinsip. Enam prinsip tersebut adalah fokus terhadap pelanggan, menciptakan dan menyebarkannilai,mengimplementasikan quality sistem, mmbangun sistem komunikasi yang terbuka, menjamin atau memastikan sistem logistik yang efisien dan efektif, membangun hubungan yang baik dengan anggota rantai pasok. CV. Kurnia Kitri Ayu Farm berusaha untuk mengaplikasikan keenam prisnip manajemen rantai pasok tersebut dan masih perlu melakukan pengkajian mengenai share value dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu yang efektif dikarenakan prinsip ini belum terlaksana dengan baik. Relationship marketing CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dengan Pemasok dan Pelanggannya adalah CV. Kurnia Kitri Ayu Farm memiliki hubungan kerjasama dengan kecenderungan level kolaboratif (sangat erat) dengan pemasok kategori lama berdasarkan lama kerjsama (2-4 tahun) dan volume sayuran organik yang dipasok (920 Kg) yaitu KTKT, dan KTA. Pemasok CV. Kurnia Kitri Ayu Farm yang berada pada level koordinatif (cukup erat) dengan kategori lama kerjasama (1-1,9 tahun) dan volume sayuran organik yang dipasok (180 Kg) yaitu KTM, dan KTS. Perbandingan nilai relationship marketing antara pemasok dan pelanggan berbeda. Pemasok memiliki nilai kecenderungan yang lebih tinggi diban