Penggunaan Agglomerative Hierarchical Clustering Untuk Pengelompokan Siswa Berdasarkan Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Serta Karakter Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 2 Bangkalan Tahun Akademik 2016/2017)

Main Author: Wardani, Fi’liyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4191/
Daftar Isi:
  • Analisis cluster merupakan analisis multivariat untuk mengelompokkan objek pengamatan berdasarkan kemiripan antar objek. Metode agglomerative hierarchical clustering merupakan teknik pengelompokan dengan banyak cluster belum diketahui dimana pengelompokan objek dilakukan dengan penggabungan. Penerapan agglomerative hierarchical clustering dengan pendekatan jarak squared Euclidean pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengelompokan siswa kelas XII SMAN 2 Bangkalan berdasarkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual serta karakter siswa. Dengan mempertimbangkan nilai rasio simpangan baku dalam cluster dan simpangan baku antar cluster diperoleh 3 cluster. Cluster 1 terdiri dari 48,7% siswa kelas reguler yang diklasifikasikan sebagai siswa yang memiliki tingkat kecerdasan dan karakter yang rendah. Cluster 2 terdiri dari 51,3% siswa kelas reguler dan 77,3% siswa kelas unggulan yang diklasifikasikan sebagai siswa yang memiliki tingkat kecerdasan dan karakter yang sedang. Cluster 3 terdiri dari 22,7% siswa kelas unggulan yang diklasifikasikan sebagai siswa yang memiliki tingkat kecerdasan dan karakter yang tinggi. Hasil pengelompokan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan pihak sekolah dalam menentukan syarat siswa baru masuk kelas unggulan.