Pemetaan Preferensi Pemilihan Merek Dan Harga Smartphone Berdasarkan Uang Saku Menggunakan Multiple Correspondence Analysis (Studi Pada Mahasiswa Aktif S1 Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015)

Main Author: Husna, Maulida Rahmatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4132/
Daftar Isi:
  • Penggunaan smartphone saat ini mempunyai peranan penting bagi masyarakat dan kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Brawijaya Malang di mana kebutuhan infomasi semakin mendominasi serta kebutuhan mahasiswa juga dipengaruhi uang saku. Pemetaan dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai preferensi pemilihan merek smartphone dan harga smartphone berdasarkan uang saku. Metode statistika yang dapat digunakan untuk pemetaan adalah Multiple Correspondence Analysis (MCA). Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan MCA untuk pemetaan preferensi pemilihan merek smartphone, harga smartphone, berdasarkan uang saku sehingga didapatkan informasi keterkaitan uang saku terhadap preferensi pemilihan smartphone. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari penyebaran angket dengan responden mahasiswa Universitas Brawijaya Malang angkatan 2015. Dengan MCA diperoleh grafik dua dimensi dengan proporsi keragaman sebesar 76.103%, terbentuk tiga kelompok yaitu: Mahasiswa dengan uang saku tinggi memiliki dua preferensi kategori harga smartphone, yaitu Rp 2.500.000 – Rp 3.000.000 atau lebih dari Rp 3.000.000. Preferensi merek yang dipilih adalah Iphone, Samsung atau Sony. Mahasiswa dengan uang saku sedang memiliki preferensi harga smartphone Rp 2.000.000 – Rp 2.500.000. Preferensi merek yang dipilih adalah Vivo, Lenovo, Oppo atau Asus. Mahasiswa dengan uang saku rendah memiliki preferensi smartphone dengan dua kategori harga, yaitu kurang dari Rp 1.500.000 atau Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000. LG, Smartfren Microsoft, Xiaomi atau Advan adalah preferensi merek yang dipilih.