Perencanaan Pembangunan Angkutan Umum Massal Dalam Perspektif Perencanaan Strategis (Studi Terhadap Rencana Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Dan Bus Rapid Transit (BRT) Di Kota Medan)
Main Author: | Sinaga, Rebecca Ivon Meylani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4103/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan sektor transportasi diarahkan pada terwujudnya sistem transportasi yang efektif dan efisien dalam menunjang sekaligus menggerakkan dinamika pembangunan, mendukung mobilitas manusia, barang dan jasa, mendukung pola distribusi nasional serta mendukung pengembangan wilayah. Kota Medan merupakan salah satu dari 5 kota di Indonesia dengan jumlah penduduk diatas 2 juta jiwa. Medan yang merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia, terus mengalami perkembangan, dan memiliki tingkat aksesbilitas dan mobilitas masyarakat yang tinggi. Permasalahan transportasi di Kota Medan hampir sama dengan yang dihadapi kota besar lainnya di Indonesia yaitu tidak seimbangnya jumlah kendaraan dengan kapasitas jalan. Besarnya jumlah sebaran kendaraan pribadi di kota Medan, maka kota Medan diperkirakan akan mencapai gridlock di beberapa ruas jalan pada tahun 2024, sehingga diperlukan adanya suatu perencanaan pembangunan transportasi yang dapat memenuhi kebutuhan tranportasi masyarakat Kota Medan secara komprehensif dengan melibatkan unsur-unsur yang terkait dalam suatu sistem transportasi. Maka dari itu Pemerintah Kota Medan melakukan suatu tindakan perencanaan strategis. Perencanaan strategis tersebut tertuang dalam Rancangan Rencana Strategis Dinas Perhubungan Kota Medan Tahun 2016-2021. Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk menjawab bagaimana proses perencanaan pembangunan angkutan umum massal dalam perspektif perencanaan strategis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman & Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembangunan angkutan umum massal dalam perspektif perencanaan strategis di Kota Medan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Medan telah berjalan sesuai dengan teori perencanaan strategis yang dikemukakan oleh Bryson J. M. Rekomendasi yang dapat diberikan terkait dengan perencanaan pembangunan angkutan umum massal dalam perspektif perencanaan strategis di Kota Medan adalah Pemerintah Kota Medan perlu mengkaji secara menyeluruh strategi yang akan digunakan untuk mendukung pembangunan angkutan umum massal, melakukan penyusunan regulasi dan meningkatkan koordinasi antara stakeholder terkait.