Evaluasi Kinerja Pelayanan Kesehatan Sekitar Kampus Dengan Metode Fuzzy Ahp-Vikor (Studi Kasus: Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya)

Main Author: Kanthohe, Novenia Hefar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4100/
Daftar Isi:
  • Salah satu indikator keberhasilan untuk meningkatkan mutu pelayanan ialah kepuasan konsumen. Pada industri jasa khususnya kesehatan, salah satu karakteristik yang harus ditingkatkan ialah kualitas. Pada skripsi ini membahas tentang fuzzy AHP-VIKOR dengan studi kasus pada mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya. Kriteria yang digunakan pada skripsi ini diperoleh berdasarkan hasil studi pustaka yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Alternatif tempat pelayanan kesehatan yang digunakan adalah Poliklinik Universitas Brawijaya, UMM Medical Center, dan RSI UNISMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan sekitar kampus. Tahap pertama metode fuzzy AHP menghasilkan dua kriteria dengan bobot tertinggi yang nantinya akan digunakan pada tahap selanjutnya, yaitu: tangible dengan bobot kriteria hasil normalisasi sebesar 0,5385 dan reliability dengan bobot kriteria hasil normalisasi sebesar 0,4615. Tahap selanjutnya dengan metode VIKOR menunjukkan perangkingan dari alternatif. Rangking pertama dipegang oleh Poliklinik Universitas Brawijaya dengan nilai indeks sebesar 0,0045. Kemudian UMM Medical Center dengan nilai indeks sebesar 0,0304 dan RSI UNISMA dengan nilai indeks sebesar 1.