Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi Pasien Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasien Nina Dental Clinic Cabang Sawojajar, Kota Malang )

Main Author: Pangestu, Regina Heidy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4099/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia bisnis menciptakan berbagai macam-macam bisnis jasa yang berkembang di masyarakat. Persaingan bisnis di kota Malang semakin variatif, termasuk usaha klinik. Salah satu usaha klinik yang sedang digemari banyak orang atau sedang trend yaitu klinik gigi. Pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi menjadi penentu bagi konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi dalam keputusan pembelian khususnya bagi pasien Nina Dental Clinic. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pasien di Nina Dental Clinic dengan sampel sejumlah 106 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasi dan analisis regresi liniear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Faktor Sosial (X1) dan Faktor Pribadi (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada pasien Nina Dental Clinic. Variabel Faktor Sosial (X1) dan Faktor Pribadi (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada pasien Nina Dental Clinic.Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,415 yang artinya besarnya kontribusi pengaruh variabel faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian di NDC (Nina Dental Clinic) sebesar 41,5% sedangkan sisanya 58,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.