Pengaruh Orientasi Pasar, Peluang Teknologi dan Strategi Kompetitif terhadap Kinerja UKM Keripik Tempe di Kota Malang
Main Author: | Halida, Siti Lailatul Mufida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/4026/ |
Daftar Isi:
- Sentra industri Sanan merupakan salah satu sentra yang ada di Kota Malang yang memproduksi produk keripik tempe. Keripik tempe merupakan makanan olahan dari bahan tempe dan sangat berpotensi menjadi komoditas khas Malang, karena keripik tempe telah menjadi produk oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Saat ini, Industri Keripik tempe semakin berkembang di Kota Malang disebabkan banyaknya merek-merek keripik tempe yang beredar di pasar. Kondisi ini dapat memicu tingkat daya saing terhadap suatu produk sehingga perlu adanya penerapan strategi dalam meningkatkan pemasaran. Terdapat banyak faktor yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja suatu usaha salah satunya orientasi pasar, peluang teknologi dan strategi kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji dan menjelaskan pengaruh dari orientasi pasar, peluang teknologi dan strategi kompetitif terhadap kinerja UKM. Penelitian dilakukan pada UKM Sentra Keripik Sanan Kota Malang dengan mengambil sampel penelitian sebanyak 60 responden yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul diuji validitas, reliabilita dan linearitas menggunakan software SPSS 17. Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kinerja usaha, maka data dianalisis menggunakan metodePartial Least Square dengan software SmartPLS3.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa orientasi pasar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, orientasi pasar berpengaruh signifikan positif terhadap strategi kompetitif, serta strategi kompetitif berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja usaha. Pengaruh moderasi peluang teknologi terhadap hubungan antara orientasi pasar terhadap strategi kompetitif tidak signifikan sehingga peluang teknologi berfungsi sebagai prediktor terhadap strategi kompetitif. Selanjutnya, strategi kompetitif memediasi secara partial hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja usaha.