Penerapan Analisis Jalur Untuk Menganalisis Variabel Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Online (Studi Pada Situs Belanja Online Lazada)

Main Author: Suteja, Desta Ika Nadya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/4016/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perdagangan online yang saat ini sedang banyak diminati oleh konsumen Indonesia, termasuk mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya. Konsumen yang loyal dibutuhkan karena dapat menambah keuntungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan analisis jalur untuk menganalisis variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa aktif FMIPA UB saat melakukan pembelian produk di Lazada. Beberapa variabel yang memengaruhi loyalitas konsumen online yaitu kualitas layanan online, kualitas produk, dan kepuasan konsumen online. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat bantu untuk mengumpulkan data. Banyaknya responden yang terlibat ditentukan menggunakan metode non probabilitas dengan teknik aksidental yaitu sebanyak 97 mahasiswa aktif FMIPA Universitas Brawijaya yang pernah melakukan pembelian produk di Lazada. Pada penelitian ini, semua asumsi yang melandasi analisis jalur telah terpenuhi. Adapun hasil penelitian yaitu keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model sebesar 88,1% sedangkan 11,9% sisanya dijelaskan oleh variabel lain dan error. Berdasarkan metode trimming, pengaruh langsung antara kualitas produk terhadap loyalitas konsumen online dihilangkan karena tidak signifikan. Variabel kualitas produk yang ditawarkan oleh Lazada memiliki pengaruh total paling besar terhadap kepuasan mahasiswa aktif FMIPA Universitas Brawijaya sebesar 0,545 sedangkan variabel kualitas layanan online memiliki pengaruh total paling besar terhadap loyalitas mahasiswa aktif FMIPA Universitas Brawijaya saat melakukan pembelian produk di Lazada sebesar 0,447.