Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Menghadapi Kompetitor (Studi Pada Permata Land Group)
Main Author: | Tsabit, Muchtar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3985/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis TOWS pada Permata Land Group; (2) mengetahui implementasi STP pada Permata Land Group; (3) mengetahui implementasi yang tepat berdasarkan analisis TOWS pada Permata Land Group. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif terfokus pada analisis STP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data model interaktif Miles dan Huberman (2014). Untuk mengukur keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, segmen pasar yang dominan meliputi segmen pasar dengan karakteristik: (1) konsumen berasal dari Kota Malang dan luar kota Malang (geografis), (2) konsumen berusia rata-rata 40 – 50 tahun dengan beragam profesi yang memiliki pendapatan antara Rp10.000.000 – Rp15.000.000 (demografis), (3) konsumen melakukan pembelian dengan tujuan berinvestasi. Hasil penelitian positioning dari para informan menunjukkan bahwa Permata Land Group memiliki tiga kelebihan sebagai berikut: (1) lokasi, (2) harga, dan (3) kualitas. Berdasarkan Analisis TOWS, Permata Land Group dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung media promosi serta memperluas pasar dengan memanfaatkan peluang yang ada, yaitu dengan melakukan pembangunan rumah bersubsidi.