Perbedaan Skor Pengetahuan Ibu Terkait Pendekatan Makan Pada Baduta Usia 6-12 Bulan Dengan Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Website Dan Booklet
Main Author: | Putri, Arunia Kemala |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3867/ |
Daftar Isi:
- Praktik pemberian makanan yang benar pada baduta tidak selalu dilaksanakan dengan baik, disebabkan anak mengalami kesulitan/menolak makan. Oleh karena itu, dibutuhkan peran ibu dalam mengetahui pendekatan makan yang tepat. Media edukasi booklet yang ada saat ini masih memiliki keterbatasan jumlah maupun distribusinya, sehingga perlu adanya media lain dengan inovasi jangkauan yang lebih luas seperti website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor pengetahuan ibu tentang pendekatan makan pada baduta usia 6-12 bulan melalui media website dan media booklet. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental study dengan pendekatan pre-test and post-test design (n = 50). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada skor pengetahuan ibu sebelum dan setelah diberi edukasi (pretest-posttest 1), dan sebelum dan satu minggu setelah diberi edukasi (pretest-posttest 2) dengan media website (p value pretest-posttest 1 = 0.001; pretest-posttest 2 = 0.001) dan media booklet (p value pretest-posttest 1 = 0.001; pretest-posttest 2 = 0.001). Namun tidak terdapat peningkatan signifikan pada skor antara posttest 1 dan posttest 2 (p value website = 0.106; p value booklet = 0.801);. Selanjutnya, tidak ada perbedaan yang signifikan pada perubahan pengetahuan kedua kelompok (p value pretest-posttest 1 = 0.319; posttest 1-posttest 2 = 0.436; pretest-posttest 2 = 0.771). Kesimpulan penelitian ini adalah media website dapat berpotensi menjadi media edukasi gizi selain media booklet, hal ini dikarenakan keduanya dapat meningkatkan pengetahuan ibu baduta terkait pendekatan makan baduta usia 6-12 bulan.