Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang)

Main Author: Nugraha, Ranu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/3722/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh yang di timbulkan oleh variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu pengaruh secara siginfikan antara labelisasi halal terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 responden yang merupakan konsumen yang pernah mengkonsumsi produk mie Samyang dengan label halal dari Korean Muslim Federation (KMF). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Pengaruh yang ditimbulkan sebesar 13,3 % hasil tersebut diperoleh dari nilai R square. Sedangkan pengaruh antar variabel labelisai halal dengan minat beli sebesar 46,8 % berdasarka perhitungan nilai koefisien regresi. Dari hasil penelitian ini manajemen dari Samyangfood.inc diharapkan lebih memperhatikan penggunaan label yang ada pada produk mie Samyang, penggunaan label yan sesuai dengan ketentuan serta resmi menjadi suatu keharusan. hal ini sangat penting karena konsumen mengutamakan untuk melihat logo halal, label komposisi, dan juga label nutrisi sebelum melakukan tindakan pembelian yang sebelumnya didasari minat beli.