Perbedaan Skor Pengetahuan Tentang Mengatasi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Kehamilan 2-24 Minggu Dengan Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Booklet Dan Website Di Kota Malang

Main Author: Mufida, Rachmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/3717/
Daftar Isi:
  • Mual muntah adalah salah satu masalah kehamilan yang harus ditangani salah satunya dengan pemberian edukasi menggunakan media yang sesuai dengan kebutuhan. Contoh media edukasi yang dapat digunakan adalah website dan booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor pengetahuan dengan pemberian edukasi gizi melalui dua media tersebut. Studi Kuasi Eksperimental menggunakan Pre-test–post-test randomized controlled trial dilakukan pada ibu hamil kehamilan 2-24 minggu, post-test dilakukan sebanyak dua kali dimana post-test kedua dilaksanakan satu minggu setelah edukasi diberikan. Responden dipilih menggunakan purposive sampling yang dibagi menjadi dua kelompok pada tiap puskesmas yang terpilih di masing-masing kecamatan yaitu kelompok edukasi gizi website (n=25) dan kelompok edukasi gizi booklet (n=24). Variabel yang diukur adalah skor pengetahuan tentang mual muntah pada media website dan booklet menggunakan metode Wilcoxon dan Mann Whitney. Terdapat peningkatan skor pengetahuan tentang mual muntah antara pre-test dan post-test 1 pada media website (dari 2 ke 4, p<0,001) dan booklet (dari 3 ke 4, p=0,001), tidak terdapat perbedaan antara post-test 1 dan post-test 2 pada media website (dari 4 ke 4, p=0,765) dan booklet (dari 4 ke 4, p=0,821), tidak terdapat perbedaan perubahan skor pengetahuan antara media website dan booklet, dan tidak terdapat perbedaan perubahan skor pengetahuan jangka panjang antara media website dan booklet. Kesimpulan penelitian ini adalah media website dan booklet terbukti efektif meningkatkan skor pengetahuan.