Analisis Strategi Harga yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pangan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Giant Mall Olympic Garden Kota Malang)
Main Author: | Rasyid, Hasna Inayah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3703/ |
Daftar Isi:
- Giant merupakan salah satu top brand hypermarket di Indonesia dan memiliki cabang di Kota Malang yang berlokasi di Mall Olympic Garden (MOG). Agar dapat bersaing, maka perlu adanya analisis strategi harga. Penetapan strategi harga yang tepat harus diterapkan pada perusahaan ini, sehingga konsumen tertarik untuk melakukan keputusan pembelian dan mewujudkan loyalitas konsumen. Sampel penelitian ini yaitu konsumen Giant MOG yang membeli minimal satu produk pangan dengan frekuensi pembelian minimal dua kali pada bulan Maret hingga April 2017. Jumlah responden yang dipilih sebanyak 100 orang konsumen. Pada penelitian ini digunakan metode PLS yang merupakan teknik analisis untuk memproyeksikan hubungan linier antar variabel-variabel pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian adalah harga ganjil, harga potongan, dan harga paket. Kemudian variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen yaitu harga potongan dan keputusan pembelian, sedangkan harga ganjil dan harga paket berpengaruh secara tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen.