Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Main Author: Munthe, Rio Donaroe
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/3651/1/full%20text.pdf
http://repository.ub.ac.id/3651/
Daftar Isi:
  • Pada tahun 2003, Steve Jobs menggugat pemahaman orang pada umumnya tentang user experience design (UXD). Terbalik dengan orang kebanyakan yang berpikir bahwa desain adalah sesuatu yang kita lihat dan rasakan, bagi Steve Jobs, desain tidak sekedar cantik tapi harus bisa berfungsi dan bekerja. Beberapa tahun kemudian, Frank Guo menyederhanakan konsep user experience dengan membaginya dalam empat elemen fundamental, yaitu: value, adoptabilty, desirability, & usability (VADU). Konsep UX diadopsi oleh berbagai platform media sosial, termasuk Facebook. Aplikasi mobile Facebook telah berulang kali mengalami perubahan hingga ke tampilan sekarang demi meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini bermaksud mengidentifikasi penerapan konsep UX pada Facebook sehingga dapat menjadi contoh bagi pengembang pemula yang ingin mengembangkan aplikasi mobile sejenis. Pertanyaan untuk responden disusun berdasarkan 4 variabel fundamental UX yaitu VADU dalam Skala Likert. Metode statistik yang digunakan adalah uji validitas & uji reliabilitas. Selanjutnya, hasil kuesioner dijabarkan dengan analisis deskriptif berdasarkan empat variabel UX. Sedangkan, untuk mengetahui elemen fundamental UX yang paling penting digunakan metode klasifikasi “YES & NO”. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa fitur aplikasi penting untuk meningkatkan value. Dalam elemen adoptability, kemudahan akses adalah yang terutama. Desain visual yang menarik adalah hal penting dalam elemen desirabiltas. Dan, aplikasi yang mudah dipelajari adalah hal utama untuk elemen usability. Secara keseluruhan, elemen UX yang paling perlu diperhatikan dalam membuat suatu aplikasi media sosial mobile adalah desirability.