Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada “Taman Indie Resto”, Malang)

Main Author: Setyawan, Arie
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/3642/
Daftar Isi:
  • Restoran adalah suatu tempat yang menjual produk berupa makanan dan minuman, serta memberikan pelayanan yang terbaik pada konsumennya. Saat ini restoran tidak hanya digunakan untuk tempat makan saja namun juga berfungsi sebagai tempat berkumpul, pertemuan bisnis, dan sekaligus sebagai tempat bernostalgia bersama keluarga, teman, atau sahabat. Salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih restoran yaitu dengan mempertimbangkan suasana restoran yang nyaman. Oleh karena itu para pelaku bisnis restoran harus dapat menciptakan store atmosphere yang berbeda dengan restoran lainnya sehingga mempunyai ciri khas tersendiri yang dapat menimbulkan minat beli serta memberikan kepuasan kepada konsumen. Perancangan store atmosphere dapat dilakukan dengan memperhatikan komunikasi visual, pencahayaan, pemilihan warna, musik dan aroma. Salah satu restoran di Malang yang mempunyai konsep suasana restoran yang unik yaitu Taman Indie Resto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen di Taman Indie Resto. Sumber data diperoleh secara langsung dengan menyebarkan kuesioner terhadap 100 responden yang pernah mengunjungi dan menikmati masakan di Taman Indie Resto minimal satu kali dan yang melakukan pembelian pada malam hari. Pengolahan data menggunakan GSCA (Generalized Structured Component Analysis). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa komunikasi visual, pencahayaan, warna, aroma, dan musik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap store atmosphere, yang berarti makin baik maka store atmosphere yang tercipta juga semakin baik. Store atmosphere yang baik dapat meningkatkan keputusan pembelian, apabila keputusan pembelian meningkat maka kepuasan konsumen juga meningkat.