Implementasi Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP) Dalam Penentuan Peminatan Di MAN 2 Kota Serang
Main Author: | Fajri, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3501/ |
Daftar Isi:
- Penyelenggaraan peminatan peserta didik berdasarkan kurikulum 2013 pada jenjang SMA/MA dilaksanakan pada kelas X semester satu. Program peminatan diperkenalkan sebagai upaya untuk lebih mengarahkan siswa berdasarkan bakat, minat, dan kemampuan akademiknya. Terdapat tiga kelompok peminatan di SMA, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Peminatan IPA diperuntukkan bagi siswa yang memiliki kecenderungan dalam ilmu pasti. Kelompok peminatan IPS diperuntukkan bagi siswa yang memiliki kecenderungan ilmu sosial. Dalam penentuan peminatan siswa, MAN 2 Kota Serang menggunakan lima aspek peminatan diantaranya nilai penerimaan peserta didik baru (PPDB), nilai ujian nasional, nilai rapor, hasil tes psikologi, dan minta peserta didik. Namun di dalam penentuan peminatan belum ada standardisasi pembobotan dalam setiap aspek peminatan sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal. Oleh karena itu, pada penelitian ini penentuan peminatan dilakukan berdasarkan aspek akademik seperti, nilai rapor, nilai UN, tes psikologi, tes potensi akademik dan pernyataan minat peserta didik dengan menambahkan pembobotan yang sesuai. Penelitian ini menggunakan model/sistem pendukung keputusan yaitu metode F-AHP yang dapat menentukan kelompok peminatan siswa berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh pihak sekolah atau pengambil keputusan. Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) sanggup mengatasi kelemahan pada kriteriayang memiliki sifat subjektif lebih banyak pada metode AHP. Logika Fuzzy sendiri adalah logika yang memiliki nilai kesamaran antara dua nilai. Pada penelitian ini, akurasi yang dihasilkan adalah 76,67% dengan 30 data uji untuk penentuan peminatan di MAN 2 Kota Serang.