Daftar Isi:
  • Jepang Sebagai egara maju dengan teknologi modernnya mampu menciptakan produk-produk budaya yang mampu menarik banyak masyarakat untuk mengkonsumsinya. Salah satunya adalah permainan pachinko yang telah mampu berkembang di Nagoya dan hampir di seluruh Jepang. Maka, rumusan masalah yang akan dibahas adalah bagaimana perkembangan pachinko di Nagoya Jepang sebagai budaya massa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori budaya populer kategori budaya massa yang dikemukakan oleh Yoshio Sugimoto dalam bukunya An Introduction to Japanese Society. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan kuesioner atau angket. Hasil analisis yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa awal kemunculan pahinko pada zaman kontemporer yang berawal dari toko-toko kecil, yang mana kegiatan pachinko ini di minati semua golongan masyarkat seperti usia, jenis kelamin, profesi. Dalam hal penyebaran informasi mengenai pachinko media massa memiliki peran yang snagat penting sedangkan produk/fasilitas memiliki kesamaan, untuk tetap dikonsumsi masyarkat luas dengan melakukan perubahan baru seperti memberikan sebuah inovasi-inovasi untuk menarik minat konsumen, sehingga dari kategori diatas dapat disimpulkan pachinko sebagai budaya populer kategori budaya massa.