Evaluasi Layanan BPJSTK Mobile Dengan Menggunakan Domain Deliver, Service And Support Berdasarkan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mataram)

Main Author: Cahyani, Ulfatisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/3483/
Daftar Isi:
  • BPJSTK Mobile adalah aplikasi pelayanan untuk peserta sebagai bentuk perluasan media layanan informasi yang dihadirkan untuk pekerja yang ingin memastikan pemenuhan hak-haknya oleh perusahaan. Fitur ini memberikan akses kepada para pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk menyampaikan informasi terkait status kepesertaan, besaran upah, dan perkiraan jumlah tenaga kerja di perusahaan tempatnya bekerja. Pentingnya layanan BPJSTK Mobile untuk melakukan kegiatan operasional menjadikannya harus dalam kondisi yang optimal, namun kurangnya tata kelola dalam penerapan teknologi informasi mengakibatkan kurang optimalnya perusahaan dalam menjalankan tugas dan pencapaian tujuan, sehingga BPJSTK Mobile perlu dievaluasi agar perusahaan dapat mengukur apakah teknologi informasi yang diimplementasikan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Pada penelitian ini, standar tata kelola teknologi informasi yang digunakan adalah COBIT 5 dengan domain Deliver, Support, Services (DSS). Hasil dari penelitian menunjukkan Capability Level dari proses DSS01 berada pada level 2 yaitu managed process, proses DSS02 berada pada level 2 yaitu managed process, proses DSS03 berada pada level 1 yaitu performed process, proses DSS04 berada pada level 1 yaitu performed process, proses DSS05 berada pada level 1 yaitu performed process dan proses DSS06 berada pada level 1 yaitu performed process. Rekomendasi yang diberikan adalah memperbaiki kegiatan proses bisnis dengan memanfaatkan aplikasi secara optimal dan membuat standard operasional procedure (SOP) yang lengkap terkait dengan teknologi informasi perusahaan.