Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Kedai Kober Mie Setan di Gresik)

Main Author: Faridah, Yuyun Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/34/1/Yuyun%20Nur%20Faridah.pdf
http://repository.ub.ac.id/34/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Kedai Kober Mie Setan di Gresik)” dilaksanakan pada 17-30 Maret 2017. Kualitas Pelayanan merupakan salah satu hal yang penting bagi usaha kuliner saat ini. Kulitas Pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mampu menarik pelanggan lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel Bukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 116 orang responden. Teknik pengampilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Adapun dalam menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif yang berisi distribusi item dari masing-masing variabel, kemudian analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Dari hasil uji regresi linier berganda di dapat nila Fhitung sebesar 27,375 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,297. Pada taraf signifikan 0,05 maka H0 ditolak yang berarti bahwa variabel Tingkat Kepuasan Pelanggan (Y) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Pelayanan (X). nilai koefisien Determinasi (R2) menunjukkan angka 0,534 yang berarti variabel Tingkat Kepuasan Pelanggan (Y) dipengaruhi sebesar 53,4% oleh variabel Bukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) sedangkan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas pada penelitian ini. Dengan demikian variabel bebas Bukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) mempunyai hubungan yang kuat terhadap variabel Tingkat Kepuasan Pelanggan (Y). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa ada pengaruh secara bersama-sama dan parsial antara variabel Bukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Y).