Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self Disclosure Oleh Pengguna Facebook Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)

Main Author: Ningroem, Aniela Cahya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/3354/1/Aniela%20Cahya%20Ningroem.pdf
http://repository.ub.ac.id/3354/
Daftar Isi:
  • Media sosial merupakan teknologi web berbasis internet yang memudahkan semua pengguna untuk dapat berkomunikasi, berpartisipasi, saling berbagai dan membentuk sebuah jaringan secara online dan menyebarluaskan konten mereka sendiri. Facebook merupakan layanan jaringan sosial yang dapat mengundang teman dengan jumlah pengguna yang aktif sebesar aktif 47%. Dengan banyaknya pengguna yang menggungah informasi pribadi pada Facebook pengguna dapat mempublikasikan informasi pribadi diri pada Facebook dan memiliki beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna dalam mempublikasikan pengungkapan diri pada Facebook. Menurut analisis faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Dalam penelitian ini terdapat tujuh variabel laten adalah Perceived Control, Trust in Povider, Trust in Member, Risk, Habit, Self Disclosure, dan Benefit. Maka dalam analisis SEM terdapat tiga tahapan yang harus diuji adalah Confirmatory Factor Analiysis (CFA) dengan Measurement model, Overall model fit dan Struktural model fit dengan Path analysis. Maka hasil dari pada penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi pengguna dalam mempublikasikan diri melalui informasi pribadi diri yang mengunggah informasi pribadi diri dengan trust in member antara benefit dengan self discosure, perceived control dengan perceived control dengan trut in provider, trust in provider dengan risk dan perceived control dengan trust in member.