Evaluasi Dan Perbaikan Usability Pada Dashboard PT.PLN (Persero) APD Jawa Timur Berorientasi Human Centered Design Dan Key Performance Indicators

Main Author: Ravdania, Gayuh Syahqila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/3351/
Daftar Isi:
  • PT.PLN APD Jatim adalah sebuah organisasi pelaksana dari PT.PLN Distribusi Jatim yang bertugas sebagai pengatur pendistribusian. Hal tersebut membuat PLN APD Jatim memiliki banyak data untuk dikelola sehingga membutuhkan pemantauan sistem yang sesuai, seperti dashboard. Dashboard yang dimiliki untuk saat ini masih kurang dari segi antarmuka dan tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna dilihat dari tidak adanya Key Performance Indikator (KPI). Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai evaluasi dan perbaikan usability pada dashboard PT.PLN (Persero) APD Jatim berorientasi human centered design dan key performance indicators. Pengumpulan informasi seperti identifikasi masalah dan konteks penggunaan didapatkan menggunakan metode wawancara dan tinjauan tampilan sistem karena hal tersebut dapat menggali informasi secara lebih detail. Kemudian untuk kerangka perbaikan, penelitian ini menggunakan Human Centered Design (HCD) karena pada setiap tahapan pada penelitian melibatkan pengguna. Prototipe dashboard dievaluasi menggunakan survei usabilitas sistem, diukur dengan System Usability Scale (SUS) dan pertanyaan terbuka. SUS bertujuan untuk menghasilkan nilai usabilitas sistem. Pertanyaan terbuka sebagai hasil pendukung guna melengkapi hasil SUS. SUS cocok digunakan karena dapat diterapkan secara luas untuk mengukur usabilitas menggunakan responden yang minim. Hasil evaluasi menyatakan bahwa desain solusi sudah cukup baik dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna sehingga tidak diperlukan adanya perbaikan tersebut.