Analisis Pengendalian Kualitas Produk Java Coffee pada PT. RNM, Surabaya, Jawa Timur

Main Author: Turnip., Vivi Sumantri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/335/1/Vivi%20Sumantri%20Turnip.pdf
http://repository.ub.ac.id/335/
Daftar Isi:
  • Pengendalian kualitas merupakan suatu teknik yang perlu dilaksanakan sebelum menjalankan proses produksi, pada saat produksi berlangsung sampai dengan proses akhir hingga menghasilkan suatu produk. Dalam hal ini, peneliti membahas tentang Pengendalian Kualitas Produk Java Coffee pada PT. RNM, Surabaya, Jawa Timur. Pada tahun 2017 ini, PT. RNM akan melakukan ekspor sendiri Java Coffee serta berencana memperluas pemasaran. Sedangkan fakta yang ada dilapang menunjukkan bahwa adanya indikasi kerusakan produk java coffee pada saat proses produksi yang mempengaruhi kualitas dari java coffee yang dihasilkan. Banyaknya perusahaan yang memproduksi kopi juga menjadi tantangan bagi PT. RNM untuk mempertahankan konsumen java coffee agar tidak berpindah ke produsen lain. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pelaksanaan pengendalian kualitas pada PT. RNM dalam memproduksi java coffee, menganalisis faktor yang mempengaruhi kualitas pada produksi java coffee yang diproduksi oleh PT. RNM dan menganalisis atribut yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap produk java coffee yang diproduksi oleh PT.RNM Surabaya. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode critical case sampling. Responden yang dipilih untuk dilakukan wawancara berjumlah 2 orang yaitu kepala produksi dan bagian administrasi. Sedangkan untuk metode QFD (Quality Function Deployment) metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Accidental Sampling merupakan teknik pengambilan sampel secara Non Probability dimana teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilh menjadi sampel karena jumlah konsumen Java Coffee tidak dapat diketahui. Ukuran sampel yang layak dalam suatu penelitian adalah antara 30 sampai dengan 500. Sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebagai responden adalah 30 konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) dan Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pengendalian kualitas produksi java coffee pada PT. RNM rata-rata masih berada dalam batas kendali. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik yaitu peta kendali p. Berdasarkan hasil analisis dengan peta kendali p menunjukkan kerusakan hanya terdapat pada satu titik yaitu titik 2 (bulan Agustus 2016) yang berada diatas batas kendali atas/Upper Control Limit (UCL) dan terdapat 3 titik yang berada dalam batas kendali atas/Upper Control Limit (UCL) dan batas kendali bawah/ Lower Control Limit (LCL).Dan berdasarkan analisa dengan menggunakan rumah kualitas/ House Of Quality pada metode Quality Function Deployment (QFD), dapat diketahui dari 5 atribut, atribut yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen adalah rasa dengan kata lain produk java coffee produksi PT. RNM memiliki keunggulan pada atribut rasa.