Analisis Kepuasan Petani Bunga Krisan Potong Terhadap Insektisida ASMEC 36 EC di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Main Author: Ramadhani., Febriana Dian Indranisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/330/1/Ramadhani.%2C%20Febriana%20Dian%20Indranisa.pdf
http://repository.ub.ac.id/330/
Daftar Isi:
  • Permintaan bunga krisan potong yang semakin meningkat membuat petani di Indonesia berusaha untuk membudidayakan bunga tersebut. Dalam melakukan budidaya, petani krisan potong menemui permasalahan terkait hama thrips. Oleh karena serangan hama thrips yang dapat merugikan, maka petani memutuskan untuk menggunakan insektisida. Insektisida ASMEC 36 EC termasuk jenis insektisida kimiawi. Petani bunga krisan potong di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu memilih insektisida ASMEC 36 EC untuk membasmi hama selama tiga tahun terakhir dan masih berlanjut sampai sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis tingkat kepuasan petani bunga krisan potong dan (2) Untuk menganalisis tingkat loyalitas petani bunga krisan potong terhadap penggunaan insektisida ASMEC 36. Hipotesis atau jawab sementara dari penelitian ini yaitu diduga petani bunga krisan potong merasa puas terhadap insektisida ASMEC 36 EC dan untuk tingkat loyalitas diduga petani bunga krisan potong termasuk dalam tingkatan committed buyer. Penelitian ini dilakukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Pemilhan lokasi penelitian dikarenakan Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa yang dikenal sentra bunga hias. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling yang pengambilan sampelnya disesuaikan dengan tujuan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk melihat tingkat kesesuaian antara kinerja dan kepentingan produk serta melihat variabel yang perlu dilakukan pembenahan, Customer Satisfaction Index (CSI) yang digunakan untuk melihat nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap produk, dan analisis deskriptif loyalitas untuk melihat tingkat loyalitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh (1a) Berdasarkan IPA, nilai rata-rata kesesuaian sebesar 104.53% dan dapat dikatakan sudah sesuai harapan konsumen. Selain itu, variabel yang perlu mendapat perhatian dari perusahaan adalah variabel Permasalahan Hama Thrips, Kehematan, Harga Terjangkau, Ketahanan Kemasan. (1b) Berdasarkan CSI didapatkan nilai sebesar 71.6% dan masuk kategori puas. (2) Berdasarkan analisis deskriptif tingkat loyalitas mayoritas petani masuk kedalam tingkat liking the brand. Hasil ini menunjukan emosional petani bunga krisan potong telah lekat dengan produk ini selama beberapa tahun.