Proses Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui Program Selasih (Sehat Dengan Layanan Welas Asih) (Studi Pada Rsud Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo Kabupaten Bojonegoro)
Main Author: | Nurlita, Alfida Dawam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3290/1/Alfida%20Dawam%20Nurlita.pdf http://repository.ub.ac.id/3290/ |
Daftar Isi:
- Inovasi program SELASIH (Sehat dengan Layanan Welas Asih) merupakan salah satu inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit dengan memberikan layanan kesehatan berdasarkan prinsip-prinsip kasih sayang demi mewujudkan rumah sakit welas asih. Penerapan program SELASIH diwujudkan dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan pasien dan masyarkat dalam mengakses layanan kesehatan di rumah sakit melalui gerakan layanan welas asih, yang bertujuan untuk mengurangi penderitaan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses tahapan inovasi pelayanan kesehatan melalui program SELASIH dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat proses inovasi program SELASIH dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif menurut Miles, Hibermen dan Saldana, yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses inovasi pelayanan kesehatan melalui program SELASIH (Sehat dengan Layanan Welas Asih). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Direktur RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo, pihak manajemen RSUD, tim optimalisasi layanan welas asih, pasien, keluarga pasien dan pengunjung rumah sakit. Hasil penelitian ini menunjukkan proses inovasi program SELASIH di RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro di mulai dengan tahap pertama identifikasi masalah, kedua mengembangkan ide untuk menyelesaikan masalah, ketiga membuat proposal untuk merencanakan kinerja inovasi, keempat melaksanakan inovasi SELASIH di RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo, kelima evaluasi inovasi program SELASIH dan yang keenam menyebarluaskan inovasi agar seluruh pihak rumah sakit dan masyarakat dapat terlibat dalam inovasi program SELASIH. Semua proses inovasi SELASIH telah berjalan dengan baik. Inovasi program SELASIH telah berhasil memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Program SELASIH mampu mengurangi pengaduan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang buruk di rumah sakit, serta dapat meningkatkan kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Penelitian ini menyarankan agar pihak rumah sakit dapat meningkatkan pembinaan dan pembekalan kepada pegawai, serta dapat meningkatkan sosialisasi program SELASIH kepada seluruh masyarakat luas, agar seluruh pihak dapat melaksanakan inovasi program SELASIH dan inovasi dapat berjalan maksimal.