Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristic Evaluation
Main Author: | Dewi, Iunike Kartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3167/1/IUNIKE%20KARTIKA%20DEWI.pdf http://repository.ub.ac.id/3167/ |
Daftar Isi:
- Perdana Group sebagai penyedia jasa layanan taksi meluncurkan aplikasi mobile pemesanan layanan taksi online untuk mengimbangi persaingan dalam usaha layanan transportasi. Aplikasi Perdana Taxi muncul dengan antarmuka bagi pengguna taksi maupun driver taksi, diharapkan mempermudah proses pemesanan taksi. Namun kegunaan kedua antarmuka aplikasi ini belum terukur. Oleh karena itu dipelukan evaluasi usability untuk mengukur kegunaan aplikasi serta menemukan apabila terdapat permasalahan usability pada aplikasi. Metode WEBUSE digunakan untuk mengukur seberapa baik level usability aplikasi dimata pengguna dan menggali adakah kesulitan yang dialami pengguna dengan pengujian dengan skenario tugas dan kuisioner yang merangkum empat variabel usability. Untuk mengetahui masalah-masalah usability yang dialami pengguna dilakukan analisis berdasarkan hasil pengujian dengan skenario dan kuisioner. Evaluasi heuristik juga digunakan untuk mendukung pengujian WEBUSE dalam menggali kesalahan usability dalam aplikasi dengan menggunakan heuristik Nielsen yang dilakukan oleh evaluator terpilih. Hasil evaluasi menunjukkan secara keseluruhan kedua antarmuka aplikasi memiliki level usability "GOOD" namun didapati masalah usability terkait konten, tombol dan navigasi pada aplikasi. Selain itu juga terdapat pelanggaran prinsip heuristik pada kedua aplikasi yang paling berkaitan dengan pencegahan error. Masalah usability yang ditemukan pada kedua evaluasi kemudian diberikan rekomendasi perbaikan untuk memperbaiki dan meningkatkan level usability.