Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Dengan Menerapkan Metode Agile Software Development
Main Author: | Nugraha, Aditya Ardi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3137/1/Aditya%20Ardi%20Nugraha.pdf http://repository.ub.ac.id/3137/ |
Daftar Isi:
- Komputer sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sekarang. Sebelum komputer dapat digunakan komputer harus dirakit terlebih dahulu. Proses ini dinamakan proses perakitan komputer. Proses ini memerlukan pengetahuan khusus yang umumnya terdapat pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK. Dalam pengembangan media pembelajarannya masih banyak SMK yang menerapkan media konvensional. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan implementasi dan menguji media pembelajaran komputer yang telah dikembangkan. Pengembangan dengan menggunakan agile software development diharapkan dapat membantu mengembangkan media pembelajaran perakitan komputer yang ada. Karena metode agile software development memudahkan dan memberikan ruang bagi media pembelajaran agar dapat dikembangkan ke arah yang lebih luas lagi, dalam bentuknya sebagai media pembelajaran. Implementasi perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan Heroku sebagai server hosting, Node JS sebagai back-end server, dan Firebase Auth and Database System sebagai database server. Berdasarkan hasil pengujian usability yang dilakukan, media pembelajaran perakitan komputer yang dikembangkan pada penelitian ini dapat diterima oleh penggunanya. Pengujian yang dilakukan menggunakan pengukuran dari segi user perspective, system attitudes, technical quality, dan information mendapatkan persentase nilai 75,5. Berdasarkan pengujian cyclomatic complexity, media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori low risk program.