Analisis SWOT Berbasis Lima Elemen Sun Tzu Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Mesin Antrian
Main Author: | Sipayung, Mariadi Eprianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3090/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/3090/2/BAB%201.pdf http://repository.ub.ac.id/3090/3/BAB%202.pdf http://repository.ub.ac.id/3090/4/BAB%203.pdf http://repository.ub.ac.id/3090/5/BAB%204.pdf http://repository.ub.ac.id/3090/6/BAB%205.pdf http://repository.ub.ac.id/3090/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/3090/ |
Daftar Isi:
- PT Rekavisitama merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang desain dan produksi perangkat elektronika. Perusahaan mengalami permasalahan di bidang pemasaran, hal tersebut dapat dibuktikan melalui penjualan mesin antrian PT Rekavisitama yang mengalami trend/kecenderungan penurunan dari tahun 2013 sampai 2016 di Jawa Timur. Hal ini mengindikasikan kurang efektifnya strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan khususnya di Jawa Timur. PT Rekavisitama dituntut untuk lebih bekerja keras dalam mencermati dan mengantisipasi reaksi lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Perusahaan harus menganalisis faktor-faktor yang mendukung kekuatan dan kelemahan perusahaan serta peluang dan ancaman dengan mengkoordinasikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman tersebut secara bersama-sama untuk menciptakan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat bersaing dengan memasarkan produknya di Jawa Timur. Pada penelitian ini, dilakukan perumusan strategi dengan melakukan analisis kekuatan dan kelemahan internal perusahaan, serta menangkap peluang dan menghindari ancaman dari lingkungan eksternal perusahaan. Perumusan stategi tersebut menggunakan analisis SWOT, seni perang Sun Tzu dan matriks perencanaan strategi kuantitatif (QSPM). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi Sun Tzu’s Five Key Element, analisis lingkungan eksternal dan internal PT Rekavisitama, serta untuk menentukan posisi persaingan perusahaan melalui kuadran SWOT. Seni perang Sun Tzu digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran berdasarkan Sun Tzu Strategems sesuai dengan posisi perusahaan berdasarkan kuadran SWOT. Selanjutnya adalah tahap pemilihan strategi yang dipilih berdasarkan attractiveness score terbesar dari tiap strategi terhadap faktor lingkungan eksternal dan internal menggunakan matriks perencanaan strategi kuantitatif (QSPM). Berdasarkan hasil analisis faktor eksternal dapat diidentifikasi elemen ground dan climate dari seni perang Sun Tzu termasuk kedalam faktor lingkungan eksternal. Hasil analisis internal dapat diidentifikasi elemen mission, leadership, dan method dari seni perang Sun Tzu termasuk ke dalam faktor lingkungan internal. Pada analisis kuadran SWOT dapat diketahui posisi persaingan perusahaan berada di kuadran I. strategi yang disarankan pada posisi tersebut adalah strategi yang bersifat agresif, hal ini disebabkan karena perusahaan berada dalam peluang yang cukup baik dan didukung dengan kekuatan internal perusahaan yang baik. Pada analisis perang Sun Tzu, dari 36 strategems yang dimiliki terpilih tiga strategi yang sesuai dengan kondisi dan posisi perusahaan berdasarkan kuadran SWOT yang berada di kuadran I. Strategi tersebut adalah kill with a borrowed knife, borrow a corpse to resurrect the soul, dan the empty for strategy. Strategi kill with a borrowed knife terpilih menjadi strategi prioritas untuk PT Rekavisitama karena memiliki attractiveness score