Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Berprestasi Menggunakan Fuzzy- Analytic Hierarchy Process (F-AHP) (Studi kasus SMA Brawijaya Smart School)

Main Author: Bahari, Dewan Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/3002/1/Dewan%20Rizky%C2%A0Bahari.pdf
http://repository.ub.ac.id/3002/
Daftar Isi:
  • Demi mendapatakan hasil kemampuan siswa di SMA Brawijaya Smart School Malang yang berkompentensi dan dapat berprestasi dalam hal akademik, maupun non akademik dibutuhkan tenaga pendidik / guru yang berkompentensi. Guna mengukur kompetensi guru dibutuhkan pula pengukuran penilaian prestasi terhadap guru untuk menentukan guru berprestasi. Penilaian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan `kompetensi seorang guru. Pada penelitian ini dibuatlah sebuah sistem pendukung untuk penilaian kinerja guru menggunakan metode Fuzzy- Analytic Hierarchy Process (F-AHP) dengan menggunakan enam kriteria yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi pengembangan inovasi, kompetensi pemanfaatan teknologi, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat akurasi sistem hingga 82.501% dengan jumlah kriteria adalah 6 kriteria. Dari hasil perhitungan tersebut maka penerapan metode Fuzzy- Analytic Hierarchy Process (F-AHP) diharapkan dapat membantu mementukan guru berprestasi di SMA Brawijaya Smart School Malang.