Pengaruh Compression Ratio Terhadap Performa Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar Etanol

Main Author: Ramadhan, Adzan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/2945/1/Ramadhan%2C%20Adzan.pdf
http://repository.ub.ac.id/2945/
Daftar Isi:
  • Pada saat ini, energi menjadi permasalahan hampir di seluruh dunia. Meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor sebagai pemicu global warming menyebabkan semua perusahaan otomotif di dunia berlomba-lomba untuk membuat produk yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan menggunakan energi alternatif. Salah satu bahan bakar yang dapat dijadikn alternatif sebagai pengganti bahan bakar fossi seperti gasoline adalah etanol. Pembakaran etanol lebih bersih dari pada bahan bakar fosil sehingga dapat mengurangi efek rumah kaca. Mesin yang digunakan pada penelitian ini ada mesin otto 4 langkah 1 silinder bersistem injeksi yang memiliki volume silinder 124,8 cc. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa variasi rasio kompresi yaitu 9,3:1, 10,6:1, dan 11,5:1 dengan menggunakan metode penelitian ekperimental yang divariasikan dengan putaran mesin sebesar 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500, 6000, 6500, 7000 rpm. Nilai tosi maksimal sebesar 3.739Nm pada 4000 rpm dengan penggunaan etanol 99%, Daya efektif maksimal sebesar 2,894 PS pada 7000 rpm dengan etanol 99%, nilai SFCe terendah 0.333 kg/Ps·jam pada 3500 rpm dengan etanol 99%, dan nilai efisiensi termal efektif maksimal sebesar 29.434% pada 3500 rpm dengan etanol 99% dan semua itu didapat pada variasi rasio kompresi 11,5:1. Nilai torsi, daya, dan SFCe yang dihasilkan saat menggunakan bahan bakar etanol secara umum sedikit lebih buruk jika dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar gasoline, namun nilai efisiensi termal yang dapat dicapai dengan menggunakan bahan bakar etanol dengan kadar 99% pada rasio kompresi yang optimal lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan gasoline.