Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Destinasi Dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang)
Main Author: | Rizki, Maharani Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/2928/1/Rizki%2C%20Maharani%20Amalia.pdf http://repository.ub.ac.id/2928/ |
Daftar Isi:
- Seiring bertambahnya pengguna media sosial Instagram menyebabkan banyaknya unggahan foto terhadap suatu objek dan cepatnya informasi yang disebarkan. Didukung dengan kebutuhan pengguna media sosial Instagram untuk mencari informasi terhadap suatu objek dengan melihat gambaran visual, oleh karenanya terpaan informasi visual dianggap sebagai media potensial untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Orang yang sering diterpa informasi yang sama secara terus-menerus baik dalam bentuk pesan tertulis maupun gambar akan mampu menciptakan perbedaan persepsi atas suatu merek. Perbedaan tersebut tergantung dari gambaran asosiasi merek yang ada dalam pikiran konsumen. Gambaran tersebut selanjutnya akan menghasilkan citra merek dalam benak mereka dan akan mendorong proses keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Citra Destinasi, Terpaan Media Terhadap Keputusan Berkunjung melalui Citra Destinasi. Penelitian ini dilakukan di Kampung Warna- Warni Kota malang. Tipe penelitian ini adalah eksplanatori. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode survei melalui pembagian kuisioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Kampung Warna- Warni Jodipan berusia 18 tahun yang memiliki akun Instagram asli atau bukan dijalankan oleh robot. Penelitian ini mengunakan metode penarikan sampel cara non random dan teknik penarikan sampel purposive sampling, dengan total sampel 115 orang responden. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji statistik analisis jalur. Uji hipotesis membuktikan bahwa variabel Terpaan Media Sosial Instagram terbukti berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Citra Destinasi dengan nilai thitung sebesar 4,838 dengan angka probabilitas yang dinyatakan sebesar 0,000. Hasil indirect effect adalah sebesar 0,243078 dan angka tersebut menunjukkan bahwa variabel Citra Destinasi berperan dalam hubungan antar variabel Terpaan Media dan Keputusan Berkunjung. Penelitian ini kemudian memberikan saran kepada Kampung Warna-Warni Jodipan untuk mengadakan sebuah event lomba fotografi yang mengharuskan pesertanya mengunggah ke media sosial Instagram pribadinya sehingga dihasilkan terpaan media yang masive di explore Instagram.